Menu Tutup

Tutorial PPDB Online 2021

Penerimaan Peserta Didik Baru SMK (PPBD) Tahun 2021 akan dimulai tanggal 28 s.d 30 Juni 2021. PPBD tahun ini menggunakan aplikasi PPBD buatan Telkom yaitu SIAP PPBD yang sama seperti tahun 2020. Namun beberapa calon peserta didik dan orang tua masih belum memahami cara menggunakan aplikasi ini, sehingga masih terdapat kesalahan dalam menggunakan aplikasi ini yang berakibat dapat merugikan calon peserta didik.

Berikut akan dijelaskan cara menggunakan aplikasi SIAP PPBD dengan tampilan ponsel.

  1. Siapkan dokumen yang akan diunggah (upload) yaitu Ijazah atau Surat Keterangan Lulus, Surat Keterangan Nilai Raport, Kartu Keluarga, Surat Pertanggungjawaban Mutlak (SPTJM), Kartu KIP (bagi keluarga kurang mampu) atau sejenisnya, Surat Diagnosa Disabilitas (bagi penyandang disabilitas), dan Sertifikat Prestasi (untuk jalur prsetasi).
  2. Dokumen di atas difoto dengan ponsel dengan cara difoto secara tegak lurus dengan pencahayaan cukup dan semua dokumen terfoto seluruhnya. Pastikan letak file foto di ponsel supaya mudah mencari untuk diunggah.
  3. Buka browser dan ketik alamat https://kalsel.siap-ppdb.com/. Geser ke bawah, lihat PPDB Online Jenjang Sekolah Menengah Kejuruan (SMK).

Terdapat 3 jalur pendaftaran yaitu Reguler, Afirmasi dan Prestasi. Pilih salah satu jalur sesuai kondisi sebenarnya. Penjelasan :

 

    • Jalur Reguler adalah bagi calon peserta didik yang tidak berasal dari keluarga kurang mampu dan tidak memiliki prestasi.
    • Jalur Afirmasi adalah bagi calon peserta didik yang berasal dari keluarga kurang mampu yang memiliki Kartu KIP dan sejenisnya, atau calon peserta didik penyandang disabilitas.
    • Jalur Prestasi adalah bagi calon peserta didik yang memiliki prestasi non akademik di bidang seni dan olahraga selama 3 tahun terakhir. Minimal prestasi yang diakui adalah tingkat kabupaten.
  1. Pilih Pendaftaran, kemudian isi Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), Sekolah Asal, Jenis Lulusan, Tahun Lulus, dan Kode Keamanan, kemudian klik Lanjutkan. Penjelasan :
    • NISN dapat dilihat di data raport
    • Sekolah Asal, pilih Dalam Provinsi atau Luar Provinsi
    • Jenis Lulusan, jika berasal dari SMP atau MTs pilih Reguler, jika selain itu pilih Paket B/SLB/Lain-lain.
    • Tahun Lulusan, sesuai tahun kelulusan
    • Kode Keamanan, ketik sesuai angka dalam gambar dibawahnya.

  1. Isi info peserta yaitu :
    • Data Asal Sekolah, cari nama sekolah asal
    • Biodata Siswa yaitu Nama Lengkap, Jenis Kelamin, Tempat Lahir dan Tanggal Lahir
    • Alamat Siswa
    • Data Tambahan yaitu Nomor Kartu Keluarga, Nomor HP Orang Tua, dan Tanggal Kartu Keluarga.
    • Nilai Rata-rata Raport per Semester dari semester 1 sampai 5, kemudian klik Lanjutkan.

  1. Unggah (upload) file foto dokumen yang sudah disiapkan yaitu :
    • Foto ijazah atau surat keterangan lulus
    • Foto Surat Keterangan Nilai Raport
    • Foto Kartu Keluarga
    • Foto Surat Pertanggungjawaban Mutlak (SPTJM), kemudian klik Lanjutkan.

  1. Klik + Pilih/Tambah Sekolah, kemudian cari SMKN 1 Bati-bati, klik SMKN 1 Bati-bati kemudian pilih satu kompetensi. Ulangi lagi langkah diatas yaitu  + Pilih/Tambah Sekolah untuk memilih kompetensi kedua dan ketiga, kemudian klik Lanjutkan.

               

  1. Cek sekali lagi pilihan kompetensi, apabila sudah sesuai klik Lanjutkan.
  2. Pendaftaran online selesai.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *